Site Overlay

3 Makanan Nusantara Terenak dengan Harga Murah

Indonesia termasuk negara dengan jumlah suka bangsa mencapai ratusan. Dimana setiap suka, mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda. Keadaan ini secara langsung, berdampak pada menu yang ditawarkan. Pasalnya, berbagai sumber menjelaskan, bahwa makanan termasuk bagian dari hasil budaya daerah setempat. Hal ini yang membuat olahan makanan Nusantara selalu mempunyai karakterisik yang tak sama. Kondisi serupa bisa Anda temukan juga di negara-negara lain. Saking melekatnya, tidak jarang Anda bisa mengetahui dari negara tersebut dari makanan yang disajikan. Kenyataan tersebut menjadi tidak mengherankan, karena di Indonesia sendiri jenis sota dinama sesuai kota asalnya. Contoh, Soto Jogja dengan karakter kuah bening. Soto Betawi, dan Soto Semarang.

Olahan dengan tampilan serupa juga terlihat dari makanan rawon, pindang tetel, dan makanan berkuah kental lainnya. Kenyataan yang kemudian membuat semakin menarik adalah patokan harga yang diberikan terbilang cukup murah, sehingga Anda tidak akan merasa kecewa saat makanan dua mangkok soto sekaligus. Rempah-rempah menjadi bagian dari ciri khas masakan Nusantara. Biasanya, makanan dengan proses pemasakan yang rumit hanya dimasak ketika acara-acara besar. Contoh, Tumpeng beserta lauk-pauknya. Semakin khusus karena jenis makanan yang satu ini, kerapkali dikaitkan dengan kegiatan syukuran atau bentuk rasa syukur atas berkah yang diperoleh. Nah, bagi pecinta masakan Nusantara bersiaplah untuk menikmati cita rasa makanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Cara Sederhana Membuat Lotek Khas Jogjakarta

3 Makanan Nusantara Terenak dengan Harga Murah

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang masih kental dengan tradisi kejawen. Disini, para wisatawan bakal merasakan sentuhan ritual yang diturunkan secara turun-temurun. Situs-situs bersejarah dengan berbagai candi masih terjaga dengan baik. Bahkan, masyarakat lokal masih aktif mengembangkan kebudayaan tersebut, sehingga tidak heran jika nuansa Daratan Para Raja begitu terasa disetiap sudut Yogyakarta. Selain itu, pesona Yogya juga menjulang tinggi karena pilihan destinasi alam yang tidak kalah dengan daerah lain di Tanah Air. Pengunjung dengan mudah memilih wisata alam super cantik yang dikelola secara profesional. Bisa dikatakan bahwa, Yogyakarta siap memberikan rekomendasi pantai dengan lukisan alam yang luar biasa cantik. Berbicara mengenai wisata Yogya, tentu tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Dari sekian banyak kuliner super lezat yang ditawarkan, Lotek masuk sebagai makanan favorit yang tidak boleh dilupakan untuk dicicipi. Visaul dari Lotek hampir sama dengan Pecel Semarang. Bedanya, Lotek memilik sayuran hijau lebih lengkap. Nah, pembuatannya sendiri cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan berbagai jenis sayuran hijau yang sudah direbus setengah matang. Berlanjut pada pembuatan sambal kacang, gorengan bakwan, dan ketupat. Letakan semua bahan ke dalam satu wadah, dan siram dengan sambal kacang. Lotek menjadi pilihan terbaik untuk pecinta vegetarian maupun Anda yang masih menjalani program diet.

3 Pilihan Kuliner Enak dan Murah

Makanan Nusantara Terenak

Masih berbicara mengenai kenikmatan makanan Nusantara yang tidak pernah berakhir. Keadaan itu, menjadi sangat masuk akal karena Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Masyarakat mempunyai caranya masing-masing untuk mengolah makanan daerah, sehingga memunculkan kekayaan kuliner Nusantara yang sampai sekarang terakui kelezatannya. Nah, bagi Anda yang masih berencana liburan ke berbagai tempat di Indonesia. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas dengan harga murah dibawah ini. Semoga bermanfaat.

  • Soto Padang

Pada dasarnya, hampir semua makanan khas Nusantara mempunyai harga yang bisa dibilang terjangkau. Nah, Soto Padang menjadi pilihan paling mudah bagi Anda yang ingin masakan berkuah. Seperti yang sudah diketahui, Soto Padang mempunyai bahan masak yang cukup komplit. Mulai dari daging, sayur, mie sohun, dan kuah khas yang membuatnya berbeda dari soto lain di Indonesia. Kisaran harga yang ditawaran sekitar Rp. 15.000 perporsi. Nominal ini cukup murah untuk sajian lengkap dan ukuran soto yang besar.

  • Sate Lilit

Berikutnya, Anda juga bisa menikmati sensasi kekayaan Indonesia di Bali. Disini, selain Anda bisa menikmati destinasi alam yang memesona. Pengunjung juga bakal ditawari pilihan kuliner yang beda dari daerah lain. Misalnya saja, Sate lIlit khas Bali yang dimasak dengan cara dibakar. Berbeda dari Sate Madura yang masih terlihat dagingnya, karena sate lilit mempergunakan daging giling. Jadi, semula sate itu ditusukan ke bambu khusus sate. Sekarang, dililitkan pada bambu pipih.

  • Pempek Palembang

Apa yang terlintas dipikiran saat menyebut Kota Palembang? Tidak bisa dimungkiri lagi, bahwa pempek jadi bagian kuliner yang tidak bisa dilepaskan dari kota tersebut. Sebenarnya, kuliner ini tidak termasuk masakan berat. Melainkan jajanan yang terbuat dari gilingan ikan dan bumbu cair yang diracik secara khusus. Sekarang, Pempek sendiri memiliki begitu banyak varian isian. Mulai dai telur, daging, hingga udang.